28 November 2014

Cerita Wisuda Part II

Diposting oleh Unknown di 18.34
#PART II
Kemarin aku udah cerita suka duka ngurus keperluan sebelum sidang pendadaran sampe akhirnya kesampaian sidang. Dan kesulitan yang ada sebelum ujian, belum seberapa kalo dibandingin sama apa yang terjadi setelah ujian...
Well, mungkin cerita setelah ujian ini cuma terjadi pada segelintir orang. Atau mungkin cuma aku satu-satunya yg ngalamin peristiwa ini. Semoga aja gag ada korban berikutnya dari Prodi.

Jadi ceritanya, setelah ujian, aku off seminggu alias gag ke kampus selama seminggu. Minggu depannya aku baru ke kampus sekalian ngumpulin revisian ke Pak Ketua penguji dan Pak sekretaris (Karena dosbing 1 dan dosbing 2 tanpa revisi). Sekalian juga minta tanda tangan rangkap 7 untuk lembar pengesahan skripsi. Sebenarnya gampang sii. Gampang kalo pas dosennya ngumpul di kampus semua. Lha dosenku itu bukan tipe yg stay di prodi untuk beberapa waktu. Untuk dosbing 1, karena beliau sakit, jadi aku harus ke rumahnya cuma untuk tanda tangan rangkap 7 *Dan udah gag tersesat lagi*. Dosbing kedua, karena beliau ketua salah satu unit pendidikan di kampus, beliau gag pernah ada di prodi. Beruntungnya aku, pas lagi maen ke prodi, beliau ada disana. Langsung aja aku minta rangkap. Dan untuk Pak sekretaris, cukup sekali ngumpulin revisian langsung acc. Ngumpulin hari jum’at, senin udah acc. Hihihi J Sekalian hari seninnya aku minta rangkap 7.

Nah, yang bikin aku agak kesel, nunggu revisian dari Pak Ketua yg lama!  Sehari, dua hari, seminggu, sepuluh hari, sampe akhirnya hari ke-21 itu revisian baru keluar. Eeeng..ing..eeeeng.... langsung tak liat, ada catatan apa di lembar revisian. Dan Ternyata, ACC! Seneng bgt ngeliatnya. Revisian yg udh di tunggu2 sampe 21 hari akhirnya keluar juga. Lalalalalalalalala~

Eits, tapi eh tapi, ada catatan kecil di pojokannya. Disitu tertulis kalo aku suruh nemuin Pak Ketua buat ngambil surat keterangan perpindahan dosbing 1 karena dosbing 1 sdh dinyatakan pensiun. Apa pula ini?! Bikin kesel aja. Berarti aku blm bs ngurus langkah selanjutnya?! Padahal temen2 yg lain udah jilid skripsi dan bersiap menuju Gedung F buat ngurus wisuda. Ya ampuuuuunnn! Kata Pak Ketua penguji, itu semua kebijakan dari Kaprodi. Omegat! Kaprodi.

Akhirnya beberapa hari setelah itu aku ngurus SK perpindahan dosen. Birokrasinya, sumpah! Bikin kesel. Kalo gag buat skripsi, aku mana mau ngurus hal kek begituan. Mesti ke TU, ke Gedung A mbongkar password login ujian, soalnya data ujianku udh terverifikasi sampe ke Pusat sebulan yg lalu, trs ke Pak Ketua minta SKnya (mana bapaknya susah ditemuin, pake acara lupa format suratnya juga). Belum lagi, selalu dikomplain sama petugas2 kampus, mereka gag percaya karena mahasiswa yang udah ujian sebulan yg lalu, knpa di suruh ujian lagi. (SK turun sebulan setelah aku ujian, tepatnya tanggal 22 September). Dan itu butuh waktu sampe seminggu-an. Abis itu aku jg hrs nemuin dosbing baru, buat konfirmasi ujian. Dan dosbing baru pun sampe heran karena aku di suruh ujian lagi. Akhirnya, dosbing baruku yg bijaksana, cm nyuruh aku buat ujian lisan aja. Dan karena data ujianku yg gag bs di bongkar, aku minta tolong TEMEN buat edit format PDF berkas2 ujianku dulu (Untung masih tersimpan rapi di laptopku J).

Setelah itu, tanggal 2 oktober jam 2 siang, aku ujian. Lisan dan cepet. Habis itu ngulang kaya dulu lagi, ngumpulin revisian dan ngulang ngumpulin tanda tangan rangkap 7. Ngebayangin gimana repotnya harus nyari Pak Dosbing 2 yg gag pernah ke Prodi, dan mesti seharian nunggu di Kantor beliau TT..TT *Pengen nangis kalo inget itu*

Tapi, Alhamdulillah banget, pas sore2 nunggu Pak Dosbing baru di prodi, Pak Dosbing 2 lewat buat absen di Lobby. Langsung aja aku buru-buru lari dan minta tanda tangan ke Beliau *Dramatisir banget momen ini* (Berkurang satu kerjaan). Besoknya aku nyari pak Sekretaris lagi buat minta tanda tangan. Dan seketika itu pula aku jadi perbincangan publik. Di dalam dan diluar prodi. Satu-satunya mahasiswa yg ujian sampe 3X. Dan itu bukan karena ada yg salah atau ada yg kurang. Tapi karena Kaprodi yg minta! Padahal ujianku udh 1bln yg lalu, kenapa baru digugat sebulan setelahnya. Dasar orang aneh!! (Setelah peristiwa itu, aku janji sm diri sendiri kalo aku gag bakalan mau berhadapan sama orang aneh yg satu itu. Aku janji sebelum dia pulang ke Indonesia, aku udah harus masuk portal wisuda!!!).

Beberapa hari setelah itu, aku minta tanda tangan sama Pak Ketua. Dan revisian dari Pak Dosbing baru, tetep aja blm keluar, padahal 2 minggu lagi masa revisian habis! L Belum lagi dimana2 ditanyain, “kapan wisuda?” “Udah masuk portal?” “Udah sampe mana ngurus wisuda?” Semua SMS, bbm, chat WA yg isinya nanyain ttg itu, gag pernah ada yg tak bls satupun, bahkan sms dari sahabat dekat sekalipun. Mana waktu itu, penutupan pendaftaran wisuda tanggal 31 Oktober.


Dan yang aku khawatirin selama ini pun terjadi, disaat masa revisi udah habis, revisian belum keluar juga. Udah panik banget waktu itu. Gimana nasib skripsi yg udah aku kerjain selama setahun ini? Akhirnya, dengan sok-sok berani aku ngadep ke Pak Dosbing baru lagi, buat ngejelasin soal batas revisianku yg udah habis tanggal 19 Oktober kemarin. Untungnya, hari berikutnya langsung di ACC sama Pak Dosbing baru TT..TT *Momen yg udah aku tunggu banget selama ini* Dan langsung aja aku minta tanda tangan pengesahan rangkap lagi, jilid skripsi yg terakhir (2 naskah skripsi yg lain udah aku jilid hard cover duluan sebelum acc, karena aku gregetan bgt pengen keburu selesai), dan langsung Login ke Portal.

Selesai sampai disitu?
Jangan harap ngurus skripsi sampe wisuda secepet itu. SK Yudisum yg aku kumpulin hari rabu, dijanjiin sama petugasnya hari Jum’at udah selesai. Tapi, sampe hari senin minggu depannya belum juga selesai. Aku nunggu di depan kantor Pak PD 1 sampe jam 4 sore, rame-rame sama mahasiswa lain yg kebanyakan angkatan 2010, (sampe kantor tutup) belum juga keluar SK Yudisium itu. Dan saat itu ada kabar kalo pendaftaran skripsi udah di tutup! Soalnya jam 8 pagi tadi ada yg udah ditolak buat verifikasi data calon wisudawan, padahal udah bayar di Bank.

Bak petir di siang bolong. Jadi usahaku buat buru-buru ngurus wisuda ini sia-sia belaka?!! Ya ampun, apa gunanya selama ini ngejar revisian kalo pada akhirnya aku gag masuk portal juga! L Akhirnya aku putusin buat besok pagi ke kampus lagi.

Malemnya udah galau tingkat dewa, gimana kalo bener2 udh tutup? Masa iya, cuma kurang sedikit aja harus nunggu sampe tahun depan, itupun harus bulan Maret. Kelamaan banget L (Tapi masih yakin kalo pendaftaran wisuda masih buka).

Besok paginya kekampus bener-bener pagi banget. Jam 8:15 udah sampe gedung F. Masih sepi, belum ada siapapun. Dan langsung menuju meja tempat SK Yudisium. Eng..ing...eeeeng...... SK Yudisium udah jadi!!!! J J J *Seneng banget!* Langsung aja minta nomor surat, tanpa antrian karena cuma ada aku seorang di loket itu.

Dan hari itu juga langsung ngurus bebas Kopma aja, karena cuma kurang itu urusan yg belum selesai, abis itu bayar di Bank (tanpa antri lagi, karena masih sepi) dan langsung verifikasi data lagi. Lalalalalalala~~ J J

Janji sama diri sendiri terpenuhi. Aku gag harus berhadapan sama orang aneh yg satu itu buat ngurus wisuda! J Yeeay!!

Alhamdulillah, sekitar jam 12 siang aku buka portal wisuda, disitu udah ada data diriku di calon wisudawan. Akhirnya, yg ditunggu-tunggu selama ini datang juga. Dan itu tepat tanggal 4 November, di hari terakhir penutupan portal wisuda. Karena yg aku tau dari temen, penutupan pendaftaran wisuda hari itu juga jam 4 sore. Padahal kata petugasnya sii masih tanggal 6 November 2014.
Mau gimana lagi, masih ada temen yg tercecer belum masuk portal wisuda, padahal cuma kurang dikit lagi langkahnya... *Tetep semangat, guys*

Ini sekelumit cerita panjang buat ngurus ujian skripsi sampe akhirnya masuk di portal wisuda. Semoga gag ada korban keganasan perpindahan dosbing lagi di prodi. Aamiin.


0 komentar:

Posting Komentar

 

alleefadiaries Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting