24 November 2014

Cerita Wisuda Part I

Diposting oleh Unknown di 13.30
Akhirnya, tanggal 4 November kemarin, resmi udah nyangkut di Portal Wisuda. Alhamdulillah J
Sebelumnya, mau ngucapin met ultah dulu buat si mantan yg ulang tahun tgl 4 november kemarin. Met milad yg ke 24 ya mas mantan :D hihihi

Setelah LIMA tahun SATU bulan terkurung di Prodi, akhirnya tanggal 4 November kemarin resmi udah keluar dari Prodi dan nyangkut di Portal Wisuda. Alhamdulillah.
Buat bener-bener resmi keluar dari Prodi sii, masih nunggu sampe tanggal 6 Desember nanti. Tapi seenggaknya, aku udah gag perlu keluyuran di Prodi sendirian lagi. (Aku termasuk sisa-sisa terakhir dari kejayaan 2009 yang masih gentayangan di kampus).
Aku mau cerita banyak soal pengalaman sebelum sidang pendadaran, pas ujian, setelah ujian, dan akhirnya nyangkut di Portal Wisuda. Saking panjangnya cerita ini, aku tulis jadi 2 bagian. Part 1 dan Part 2. *Gaya dikit bolehlah* Hahaha.
Let’s read guys....

#PART I
Dari awal ngurus jadwal sidang pendadaran sampe ngurus wisuda waktunya bener-bener mepet. Semuanya tepat sehari sebelum penutupan.
Dulu waktu daftar buat nentuin tanggal ujian, di akhir bulan Juni udah gag bisa lagi, karena pendaftaran ujian udah ditutup sehari sebelum aku ke kampus. Akhirnya, terpaksa nunggu sebulan sampe akhir bulan Juli. Jadi selama bulan Juli yang bertepatan dengan Ramadhan banyak-banyakin berdo’a supaya pendaftaran ujian skripsi cepet dibuka, biar kalo pas lebaran nanti pas ditanya “Udah lulus?” udah bisa jawab “Udah. Kemarin abis sidang pendadaran.” Dengan ekspresi bangga :D hahaha.

Tapi apa mau dikata, kenyataan tak sesuai dengan yang diharapkan. Ternyata bukaan pendaftaran ujian baru dimulai di awal bulan Agustus. O.o *Poor Me* Jadilah ketika lebaran tiba, pas ditanya “Udah lulus?” Cuma bisa senyum kecut sembari ngeloyor pergi, kalo gag cuma bisa jawab “Ini, baru mau daftar ujian.” Dengan ekspresi yang dibuat seceria mungkin. Pura-puranya besok lusa udah bisa langsung sidang pendadaran.

Sebulan setelah itu, pembagian tanggal ujian dibuka. Terus pembagian sekretaris (Makasii buat Sastro yg udah rela ngadep Pak Ketua buat minta sekretaris secepet mungkin). Pembagian sekretaris pun membutuhkan waktu yang cukup LAMA!! Belum lagi abis itu masih nentuin tanggal ujian yang cuma di kasih 4 hari selama sebulan. Tanggal 13,14,15 dan 19 Agustus 2014. Padahal yang antri 10 orang mahasiswa. Jadilah 4 tanggal itu dibuat rebutan!

Kesana kemari mencari alamat dosen pembimbing 1 dan 2, sekretaris dan ketua penguji buat mix and match tanggal ujian. Untunglah ada salah satu adik tingkat, Anisa, *ujian barengan sama angkatan 2010* yang dosen pembimbing, sekretaris dan ketuanya sama persis pas ujianku. Jadi cukup kebantu buat nemuin dosen. Karena dalam sehari belum tentu kita bisa nemuin dosen yang bersangkutan tsb. Jadi kalo aku pas di kampus, aku yang konfirmasi ke dosen soal jadwal ujiannya, tapi kalo Anisa pas di kampus, dia yg konfirmasi ke dosen. Akhirnya disepakati tanggal 19 Agustus jam 9 pagi di ruang M.IPS lantai 2.

Hari sidang pendadaran pun tiba. Dan semua juga tidak berjalan seperti yang dibayangkan selama ini. Dosbing 1 ternyata beliau sedang sakit. Akhirnya, dengan terpaksa aku milih buat ujian face to face ke rumah beliau di sore harinya. Dosbing 2, jam 9 ada rapat mendadak di Fakultas. Pak skretaris pun begitu, ada acara di Gedung A. Oh Gosh! Cuma Pak Ketua penguji yang free.
Akhirnya atas  saran dari Pak Ketua Penguji, sidang pendadaran di tunda sampe semua dosen available.

Sejam, dua jam, tiga jam, dosen tak satupun yg datang ke Lantai 2. Aku sama Anisa, turun ke lantai satu buat konfirmasi ujian lagi, karena sebenernya jam 11 itu udah jadwal ujian Anisa. Takutnya, sidang ditunda. Padahal tgl 20 adalah batas terakhir pembayaran SPP semester depan. Aku udah niat, gag akan mau bayar SPP lagi demi ujian yang cuma 2 jam. Dan kalo gag bayar SPP semester depan sama aja status mahasiswa di Non-aktifkan selama satu semester!


Akhirnya, ketiga dosen penguji pun tiba. Jam 12:30 ujian ku dimulai. Mundur TIGA SETENGAH jam dari jadwal yg seharusnya. Dan ujian pun berlangsung dengan sangat cepat karena keterbatasan waktu yg ada. Ada untungnya juga ternyata. Gag banyak pertanyaan yg aneh-aneh dr penguji. Bahkan Dosbing 2 tanpa revisi (*Aku bener-bener sangat berterimakasih sm Pak Dosbing 2*. Semoga Beliau selalu di beri kesehatan & umur panjang oleh Allah. Aamiin).

Sore harinya, aku ke rumah Ibu Dosbing 1. Sebenernya ujiannya cepet. Gag lama. Gag nyampe 30 menit. Dan bahkan gag berasa kalo itu ujian. Cuma semacam ngobrol antara dosen dan mahasiswanya. Malah pas ujian, Ibu pembimbing minta buat ngerjain revisi dari dosen lain. Alhasil, bukan ujian tapi malah ngerjain revisian ku. Tapi........................... jalan menuju rumah beliau-lah yang lama!

Aku sama Desi harus muter-muter daerah Ngemplak, Boyolali. Untungnya bukan Boyolali Kota yang jauhnya minta ampun  *Inget jaman PPL dulu*. Dan aku baru beberapa kali berkunjung ke daerah itu. Desi bahkan belum pernah sama sekali. Kita muter-muter, tanya orang, tersesat, putar balik, tanya orang, tersesat, tanya lagi, begitu seterusnya sampe capek.  Ibu dosen cuma ngasih clue, rumah ke 5 dari depan gang. Padahal ada rumah yang modelnya kayak 2 bangunan, tapi ternyata itu satu bangunan. Sampe aku akhirnya nyerah dan telepon ke Beliau. Beliau tetep aja gag mau jawab. Aku ttp disuruh nyari sendiri. Akhirnya setelah hampir sejam disitu, ketemu juga tempatnya. Rumah warna orange, milik seorang DOKTER! Padahal dari tadi udah seliwar-seliwer keluyuran di depan rumah itu. Tapi gag yakin, karena rumahnya agak tertutup. *Thanks to Desi, yg selalu nemenin aku kemana-mana*.


Habis ujian face to face selesai, langsung pulang ke rumah dengan perasaan lega, karena akhirnya, aku bisa ujian. Padahal dulu sempet bingung, skripsi itu ngerjainnya gimana, terus apa yg mesti ditulis, sempet ragu juga karena milih skripsi kuantitatif padahal dari dulu bermasalah sama matematika. Tapi Alhamdulillah, skripsi ini bisa selesai juga. (Makasii buat Sinta si dosen pembimbing skripsi ketiga *Hug and Kiss*).

0 komentar:

Posting Komentar

 

alleefadiaries Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting